Cara Membuat Backlink Di Blog Kamu Yang Bagus Dan Berkualitas
September 23, 2019
Add Comment
membuat backlink yang bagus adalah termasuk sebuah strategi yang di pakai oleh para SEO yang sukses diluar sana.
Jika kamu pernah berfikir kenapa blog kamu sendiri tidak ada di google dan kamu terus mencarinya sampe ke page berikutnya dan blog kamu tidak ada.
dan dalam blog saya kali ini saya akan membagikan ilmu saya sewaktu saya magang di betabisnis.com pekan baru.
sebelum kita menggunakan backlink kita harus tau dulu apa itu kegunaan dan manfaat dari backlink
Apa Itu Backlink
Backlink adalah link dari suatu website ke situs web lain, yang memungkinkan pengguna untuk menavigasi dari titik tertentu di internet ke halaman yang anda cari di dalam browser Anda. Backlink merupakan salah satu kata yang paling banyak digunakan dalam optimasi mesin pencari, karena backlink membuat dampak besar pada keunggulan sebuah website dalam hasil pencarian di mesin pencari.
Berikut dibawah ini adalah daftar istilah umum yang berkaitan dengan backlink yang perlu Anda ketahui :
Tujuan Backlink
1. Membangun Otoritas Pada Blog
Tentu, mendapatkan link pada situs-situs populer sangat bagus untuk SEO situs anda, tetapi mereka juga membantu untuk membangun otoritas merek anda. Dengan cara yang sama Google tampak seolah link ini sebagai indikasi yang baik bahwa website anda memberikan informasi yang berguna, konsumen melihatnya sebagai indikasi yang baik bahwa merek anda adalah salah satu yang perlu untuk di perhitungkan.
Jadi, sementara link berkualitas tinggi pada situs-situs populer akan sangat menguntungkan SEO situs anda, mereka juga akan membantu menarik konsumen untuk merek anda hanya dengan asosiasi. Hal ini juga membantu untuk mempresentasikan perusahaan anda sebagai sumber informasi, dan bahkan dapat mengakibatkan situs menghubungkan ke konten anda, memberikan anda backlink alami, yang dicintai Google.
2. Sumber Lalu Lintas Refferal
Link berkualitas tinggi di situs dengan banyak lalu lintas tidak hanya akan membantu SEO situs anda, tetapi mereka juga dapat mengarahkan lalu lintas bertarget ke situs Web anda sepanjang waktu.
Sebuah link tunggal pada situs web populer dapat terus mendorong lalu lintas ke situs Web anda selama bertahun-tahun. Hal yang bagik tentang lalu lintas referral adalah bahwa hal itu sangat bertarget.
Dengan itu anda tidak hanya berpikir tentang berapa banyak uang yang dihabiskan untuk pencarian berbayar. Beberapa perusahaan memiliki BPK yang sangat tinggi, sehingga setiap klik referral akan mengarahkan lalu lintas berkualitas tinggi tanpa biaya per klik yang terkait dengan link.
3. Directory & Sumber Daya Link Jangka Panjang
Internet adalah salah satu sumber data besar yang akan terus tumbuh dan akan selalu di akses sebagai sumber informasi. Jika anda mendapatkan link berkualitas tinggi membentuk direktori terkemuka dan situs sumber daya lainnya dapat membantu untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Web anda selama bertahun-tahun yang akan datang.
4. Membuat Hubungan Menjadi Fresh
Ketika seseorang membaca konten yang baik dan melihat menunjuk backlink ke sumber atau pencipta, ada kesempatan yang sangat baik bahwa mereka akan mengklik pada link untuk mempelajari lebih lanjut tentang siapa dan apa yang disajikan di link tersebut.
Hal ini juga dapat menyebabkan seseorang untuk bergabung dengan newsletter anda atau melakukan beberapa tindakan terukur lain di situs anda. Mereka mungkin terhubung dan mengikuti profil media sosial anda atau mereka mungkin membaca blog anda dan kemudian menandainya atau berlangganan RSS feed anda. Link sederhana dapat membawa perusahaan dan konsumen bersama-sama tanpa bantuan peringkat mesin pencari.
Kualitas Backlink
1. Relevan
Alasan backlink yang berasal dari topik / niche yang relevan sangat bagus dan berkualitas adalah karena link jenis ini terlihat lebih natural bagi search engine. Dari segi user experience (UX), link di website yang relevan juga tidak mengganggu visitor, bahkan sangat mungkin mendapatkan klik yang tentu saja menjadi kunjungan (trafik).
2. Contextual Links
Contextual links adalah link yang berada di dalam konten (artikel). Alasan backlink jenis ini berkualitas tinggi adalah karena links yang berada di dalam artikel biasanya related atau relevan dengan isi artikel (topik yang ditulis). Dan seperti yang sudah dijelaskan di kriteria pertama, link dari topik yang relevan sangat disukai search engine.
3. High PR (DA PA)
Google menghadiahi website yang authority dan trusted-nya tinggi dengan Pagerank, semakin tinggi pagerank maka semakin tinggi authority nya. Maka, backlink yang berasal dari domain dengan Pagerank tinggi pun tentunya punya kualitas yang lebih bagus dari pada backlink dari situs dengan PR yang rendah, PR0 ataupun PR N/A.
Karena pagerank sudah tidak update lagi sejak tahun 2012, maka penilaian Authority web bisa memakai alternative DA PA (Domain Authority dan Page Authority) dari Moz. Metric TF (Trust Flow) dari Majestic SEO pun juga bisa Anda gunakan. Patokan nilai yang digunakan algoritma Moz dan Majestic ini dalam mengukur authority suatu web tetap sama, semakin tinggi nilainya semakin bagus.
Jumlah Backlink
Untuk mengecek seberapa banyak backlink yang sudah kamu dapatkan di blog kamu, sebenarnya ada banyak cara untuk mengetahuinya salah satunya dengan mengunjungi situs ahrefs.com
Langsung saja untuk mengecek seberapa banyak backlink yang sudah kamu dapatkan silahkan klik link berikut ini ahrefs.com/backlink-checker dan secara otomatis kamu akan dihantar menuju laman ahrefs untuk mengecek seberapa besar backlink yang sudah kamu dapatkan.
Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menulis domain atau URL kamu pada kolom yang disediakan kemudian klik check backlink
Masuk Kan URL kamu yang di kotak merah, ketika sudah selesai kamu masukan URL kemudian Klik Check Backlink yang kotak berwarna kuning.
Setelah langkah diatas kamu lakukan maka tunggu beberapa saat untuk menampilkan seberapa banyak backlink yang sudah kamu peroleh.
Keuntungan Backlink
Jika di tanya apa keuntungan backlink tentu kita bisa menjelaskan apa keuntungannya. karena dengan kita melakukan backlink web/blog kita memiliki peluang yang lebih besar untuk muncul di halaman pertama google.
Keuntungan Backlink
Cara Membuat Backlink
Membuat backlink sebenarnya tidaklah susah, malah sebaliknya sangatlah mudah.
cara membuat backlink :
HTML
Untuk Metode ini sangatlah sederhana kamu tinggal buka notepad lalu ketikan Kode HTML berikut Pada notepad kalian
<a href="URL Web/blog Kalian">kata Kunci</a>
Contoh
<a href="https://tempatmagangdipekanbaru.blogspot.com">Tempat magang</a>
Buatlah Comment semenarik mungkin supaya orang lebih tertarik melihat link yang kamu tanamkan pada blog tsb.
Apa Itu Anchor Text
Achor text berasal dari Bahasa Inggris yang artinya “Teks Jangkar”. Maksud sebenarnya dari istilah ini adalah sebuah kata / frasa / kalimat yang dipakai untuk memasang link atau tautan. Link ini mengarah ke website lain. Dalam beberapa kasus link tersebut bisa juga mengarah ke halaman lain dari website tempat backlink itu sendiri.
Biasanya kita menjumpai teks ini memilki warna berbeda atau menyala. Pada struktur html anchor text dibuat dengan kode a href.
Contohnya: <a href=”https://tempatmagangdipekanbaru.blogspot.com/”>Tempat Magang</a>
Dari contoh tersebut frasa “Tempat Magang” menjadi anchor textnya sedangkan “https://tempatmagangdipekanbaru.blogspot.com/” ialah tautan di dalam teks itu. Disini kita akan menemukan teks tersebut muncul di halaman dengan tampilan yang berbeda. Ketika kita meletakan pointer mouse di atasnya maka dapat kita klik.
Alasan kita membuat backlink adalah untuk mendukung peningkatan posisi website yang ditautkan pada anchor text di hasil pencarian Google. Sementara raksasa search engine ini memakai algoritma Penguin maka penggunaan anchor text menjadi sangat penting. Pasalnya algoritma tersebut berfungsi untuk menilai relevansi antara kelompok kata dengan link yang terkandung di dalamnya.
Disini kita ketahui bahwa teks tersebut menentukan bagaimana Google akan memandang website kita. Kekeliruan dalam penggunaannya bisa mendatangkan sanksi dari pihak mereka. Karena itulah kita boleh menyepelekan anchor text. Pastikan kita mengaturnya secara proporsional dan tidak berlebihan agar aman dari penalti. Sebaliknya jangan pula terlalu sedikit sebab akan mengurangi kinerja backlink.
Algoritma Penguin yang memainkan peran untuk menghimpun populasi anchor text oleh Google setidaknya perlu kita pahami cara kerjanya. Pengetahuan tersebut menjadi modal bagi kita untuk mencegah terjadinya kesalahan yang berakhir pada jatuhnya penalti terhadap situs kita.
Sejujurnya di kalangan penyedia jasa backlink murah ada banyak sekali asumsi soal bagaimana search engine dengan algoritma Penguin-nya melakukan penilaian terhadap penggunaan anchor text. Namun dari berbagai asumsi tersebut kita bisa menemukan satu benang merah. Di bawah ini adalah alur kerja algoritma Penguin .
Pertama – Pengindeksan Backlink
Setelah kita selesai membuat suatu backlink Google akan mengindeksnya secara otomatis. Pekerjaan ini pada dasarnya dilakukan oleh pihak mereka setiap saat. Bisa saja nantinya semua backlink kita terindeks. Namun pada kondisi tertentu hanya beberapa saja yang terindeks. Google mempunyai patokan tersendiri terkait masalah itu.
Kedua – Backlink Masuk ke Database
Url halaman backlink yang sudah terindeks kemudian masuk ke database tempat dimana data tautan yang ada di internet tersimpan. Perlu anda ketahui bahwa mereka tidak menyimpan data per satuan web. Namun karena Google adalah sebuah mesin pencari mereka pun memasukan data link dari suatu website per kata kunci. Pada akhirnya tautan web yang kita tembak tersimpan sesuai dengan anchor text yang kita pakai.
Ketiga – Analisa Oleh Google
Dua tahap di atas terjadi berulang – ulang sehingga Google pun mempunyai database yang cukup untuk mengenali profil dari website kita khususnya terkait kata kunci apa yang kita optimasi pada setiap halaman. Profil website kita ini kemudian akan disandingkan dengan profil dari backlink yang sudah kita miliki. Disinilah penilaian Google terjadi.
Melalui Algoritma Penguin variasi anchor text yang kita terapkan menjadi poin utama penilaian.
Begini penjelasannya. Misal kami telah membangun ratusan backlink untuk halaman layanan backlink di situs tempatmagangdipekanbaru.blogspot.com ini. Ternyata kami hanya menggunakan anchor text “Jasa Backlink” untuk keseluruhan backlink tersebut tanpa sedikit pun menyelengi dengan anchor text lain. Akibatnya tanpa banyak pertimbangan Google langsung melayangkan hukuman kepada website kami.
Pada dasarnya algoritma Google mempunyai logika yang sangat masuk akal sehingga alasan dari keadaan tersebut sederhana saja. Tidak mungkin ada ratusan pengelola web yang memberikan backlink bagi website kami dengan masing – masing mereka memakai anchor text yang sama. Tampak terang sekali bahwa tindakan itu termasuk spam. Inilah alasan Google memberikan kartu kuning.
Apa Itu Anchor Text
Pengertian Footprint Untuk SEO Dan Kegunaannya – Direkomendasikan wordpress untuk seluruh moneysite yang akan Anda buat, tetapi menghimbau Anda untuk menghindari footprint yang vulgar pada website-website tersebut. Artinya jangan mentang-mentang semuanya menggunakan wordpress, Anda selalu membuatnya dengan cara seragam: themes sama, plugins sama, format posting sama, layot sama dan sama-sama lainnya.
Digital footprint atau jejak digital dalam dunia website adalah satu atau lebih dari satu hal yang dapat menjadi penanda dari pemiliknya. Dengan meninggalkan Footprint, kita memberikan peluang bagi orang lain untuk melakukan pelacakan terhadap sebuah website, termasuk kompetitor yang kita miliki. Ini sangat berbahaya dan bahkan konten yang kita miliki.
Sebagi contoh, jika kita membuat situs A dengan ciri khas yang sama dengan situs B dan C dan D dan E, makan kompetitor yang sedang meilintas disitus A tak hanya dapat mengambil intisari yang tersedia disitus A, melainkan juga keseluruhan B, C, D dan E dengan melakukan penelusuran berdasarkan ciri khas tersebut. Atau apabila kita melakukan registrasi domain tanpa proteksi whois menggunakan nama dan edentitas yang sama, maka hanya perlu beberpa detik saja bagi orang lain untuk melihat seluruh daftar domain yang kita miliki.
Dan apa lagi yang lebih menyebalkan dari keadaan ketika seluruh hal mengenai bisnis yang kita miliki terlihat telanjang bagi orang lain dan pesaing kita?
Lebih lanjut, digital footprint pada website juga menyimpan bo atom bagi Google yang punya semua hal yang dibutuhkan untuk melacaknya. Bayangkan kita membuat sebuah website yang secara tidak sengaja teroptimasi dengan cara yang dianggap terlarang bagi Goolge, atau secara apes terkena malware yang mengancam pengguna aatu dipersangkakan melanggar aturan apa sajayang hanya Tuhan dan Google yang tahu, maka ketika Goolge memberikan pinalti bagi website tersebut, seluruh website lain milik kita yang memiliki footprint serupa patut diduga juga akan turut dibumihanguskan.
Dengan resiko fatal tersebut dan fakta bahwa kita hanya akan mengandalkan wordpress. Pada website yang kita buat berdasarkan alasan-alaan yang sudah disebutkan serta proses scaling yang harus kita tenpuh, maka satu-satunya solusi yang tersedia adalah melakukan disertivikasi pada seluruh aspek yang ada.
Jika kamu pernah berfikir kenapa blog kamu sendiri tidak ada di google dan kamu terus mencarinya sampe ke page berikutnya dan blog kamu tidak ada.
dan dalam blog saya kali ini saya akan membagikan ilmu saya sewaktu saya magang di betabisnis.com pekan baru.
Baca Juga
sebelum kita menggunakan backlink kita harus tau dulu apa itu kegunaan dan manfaat dari backlink
Apa Itu Backlink
Backlink adalah link dari suatu website ke situs web lain, yang memungkinkan pengguna untuk menavigasi dari titik tertentu di internet ke halaman yang anda cari di dalam browser Anda. Backlink merupakan salah satu kata yang paling banyak digunakan dalam optimasi mesin pencari, karena backlink membuat dampak besar pada keunggulan sebuah website dalam hasil pencarian di mesin pencari.
Inilah sebabnya mengapa backlink dianggap sangat berguna untuk meningkatkan peringkat SEO sebuah website. Search engine menghitung peringkat menggunakan beberapa faktor untuk menampilkan hasil pencarian. Tidak ada yang tahu pasti berapa banyak bobot backlink memberikan hasil di mesin pencari, namun yang pasti adalah bahwa backlink sangatlah penting untuk SEO dan kesuksesan bisnis online Anda.
Berikut dibawah ini adalah daftar istilah umum yang berkaitan dengan backlink yang perlu Anda ketahui :
Link Juice: Ketika sebuah halaman web nge-link ke artikel atau beranda situs web Anda atau link masuk ini sering disebut sebagai inbound link. Link juice ini dapat membantu peringkat artikel, dan juga meningkatkan otoritas domain.
Nofollow Link: Ketika sebuah situs web link ke website lain, tetapi link memiliki tag nofollow, link ini tidak dianggap sebagai link juice. link nofollow tidak berguna mengenai peringkat halaman, karena mereka tidak memberikan kontribusi apa-apa. Secara umum, webmaster menggunakan tag nofollow saat ia menghubungkan ke situs yang tidak relevan. Contoh: Link dari komentar di blog lain.
Dofollow link: Secara default, semua link yang Anda tambahkan dalam sebuah posting blog adalah link dofollow atau link mengikuti, dan ini lulus link juice.
Linking Root Domain: Link ini mengacu pada jumlah backlink yang menuju ke website Anda dari nama domain utama yang unik. Bahkan jika sebuah situs web telah dikaitkan dengan website Anda sepuluh kali, itu akan dianggap sebagai link dari satu root domain.
Low-QualityLink: link berkualitas rendah adalah link yang berasal dari situs dipanen, situs otomatis, situs spam atau bahkan situs-situs porno. link tersebut melakukan jauh lebih berbahaya daripada baik. Ini adalah salah satu alasan Anda harus berhati-hati saat membeli backlink.
Internal Link: Link yang pergi dari satu halaman ke halaman lain dalam domain yang sama disebut link internal, dan proses itu sendiri disebut linking sebagai internal. Seperti Anda menghubungkan artikel Anda satu dengan artikel lainnya.
Anchor Text: Teks yang digunakan untuk hyperlink disebut anchor text. Backlink dengan Anchor text bekerja besar ketika Anda mencoba mengoptimasi untuk hasil pencarian lebih baik dengan kata kunci tertentu.
Tujuan Backlink
1. Membangun Otoritas Pada Blog
Tentu, mendapatkan link pada situs-situs populer sangat bagus untuk SEO situs anda, tetapi mereka juga membantu untuk membangun otoritas merek anda. Dengan cara yang sama Google tampak seolah link ini sebagai indikasi yang baik bahwa website anda memberikan informasi yang berguna, konsumen melihatnya sebagai indikasi yang baik bahwa merek anda adalah salah satu yang perlu untuk di perhitungkan.
Jadi, sementara link berkualitas tinggi pada situs-situs populer akan sangat menguntungkan SEO situs anda, mereka juga akan membantu menarik konsumen untuk merek anda hanya dengan asosiasi. Hal ini juga membantu untuk mempresentasikan perusahaan anda sebagai sumber informasi, dan bahkan dapat mengakibatkan situs menghubungkan ke konten anda, memberikan anda backlink alami, yang dicintai Google.
2. Sumber Lalu Lintas Refferal
Link berkualitas tinggi di situs dengan banyak lalu lintas tidak hanya akan membantu SEO situs anda, tetapi mereka juga dapat mengarahkan lalu lintas bertarget ke situs Web anda sepanjang waktu.
Sebuah link tunggal pada situs web populer dapat terus mendorong lalu lintas ke situs Web anda selama bertahun-tahun. Hal yang bagik tentang lalu lintas referral adalah bahwa hal itu sangat bertarget.
Dengan itu anda tidak hanya berpikir tentang berapa banyak uang yang dihabiskan untuk pencarian berbayar. Beberapa perusahaan memiliki BPK yang sangat tinggi, sehingga setiap klik referral akan mengarahkan lalu lintas berkualitas tinggi tanpa biaya per klik yang terkait dengan link.
3. Directory & Sumber Daya Link Jangka Panjang
Internet adalah salah satu sumber data besar yang akan terus tumbuh dan akan selalu di akses sebagai sumber informasi. Jika anda mendapatkan link berkualitas tinggi membentuk direktori terkemuka dan situs sumber daya lainnya dapat membantu untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Web anda selama bertahun-tahun yang akan datang.
4. Membuat Hubungan Menjadi Fresh
Ketika seseorang membaca konten yang baik dan melihat menunjuk backlink ke sumber atau pencipta, ada kesempatan yang sangat baik bahwa mereka akan mengklik pada link untuk mempelajari lebih lanjut tentang siapa dan apa yang disajikan di link tersebut.
Hal ini juga dapat menyebabkan seseorang untuk bergabung dengan newsletter anda atau melakukan beberapa tindakan terukur lain di situs anda. Mereka mungkin terhubung dan mengikuti profil media sosial anda atau mereka mungkin membaca blog anda dan kemudian menandainya atau berlangganan RSS feed anda. Link sederhana dapat membawa perusahaan dan konsumen bersama-sama tanpa bantuan peringkat mesin pencari.
Kualitas Backlink
1. Relevan
Alasan backlink yang berasal dari topik / niche yang relevan sangat bagus dan berkualitas adalah karena link jenis ini terlihat lebih natural bagi search engine. Dari segi user experience (UX), link di website yang relevan juga tidak mengganggu visitor, bahkan sangat mungkin mendapatkan klik yang tentu saja menjadi kunjungan (trafik).
2. Contextual Links
Contextual links adalah link yang berada di dalam konten (artikel). Alasan backlink jenis ini berkualitas tinggi adalah karena links yang berada di dalam artikel biasanya related atau relevan dengan isi artikel (topik yang ditulis). Dan seperti yang sudah dijelaskan di kriteria pertama, link dari topik yang relevan sangat disukai search engine.
3. High PR (DA PA)
Google menghadiahi website yang authority dan trusted-nya tinggi dengan Pagerank, semakin tinggi pagerank maka semakin tinggi authority nya. Maka, backlink yang berasal dari domain dengan Pagerank tinggi pun tentunya punya kualitas yang lebih bagus dari pada backlink dari situs dengan PR yang rendah, PR0 ataupun PR N/A.
Karena pagerank sudah tidak update lagi sejak tahun 2012, maka penilaian Authority web bisa memakai alternative DA PA (Domain Authority dan Page Authority) dari Moz. Metric TF (Trust Flow) dari Majestic SEO pun juga bisa Anda gunakan. Patokan nilai yang digunakan algoritma Moz dan Majestic ini dalam mengukur authority suatu web tetap sama, semakin tinggi nilainya semakin bagus.
Jumlah Backlink
Untuk mengecek seberapa banyak backlink yang sudah kamu dapatkan di blog kamu, sebenarnya ada banyak cara untuk mengetahuinya salah satunya dengan mengunjungi situs ahrefs.com
Langsung saja untuk mengecek seberapa banyak backlink yang sudah kamu dapatkan silahkan klik link berikut ini ahrefs.com/backlink-checker dan secara otomatis kamu akan dihantar menuju laman ahrefs untuk mengecek seberapa besar backlink yang sudah kamu dapatkan.
Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menulis domain atau URL kamu pada kolom yang disediakan kemudian klik check backlink
Setelah langkah diatas kamu lakukan maka tunggu beberapa saat untuk menampilkan seberapa banyak backlink yang sudah kamu peroleh.
Nah untuk blog https://tempatmagangdipekanbaru.blogspot.com sendiri sih belum mendapatkan banyak backlink. yah maklum lah karena blog saya masih terbilang blog baru yang baru di rintis.
Jika di tanya apa keuntungan backlink tentu kita bisa menjelaskan apa keuntungannya. karena dengan kita melakukan backlink web/blog kita memiliki peluang yang lebih besar untuk muncul di halaman pertama google.
Keuntungan Backlink
- Web mudah Terindex
- Pengunjung pada web bertambah
- mempermudah web ke halaman satu google ( One Page )
- Dll.
Cara Membuat Backlink
Membuat backlink sebenarnya tidaklah susah, malah sebaliknya sangatlah mudah.
cara membuat backlink :
HTML
Untuk Metode ini sangatlah sederhana kamu tinggal buka notepad lalu ketikan Kode HTML berikut Pada notepad kalian
<a href="URL Web/blog Kalian">kata Kunci</a>
Contoh
<a href="https://tempatmagangdipekanbaru.blogspot.com">Tempat magang</a>
Kode HTML yang sudah kalian tulis lalu kalian save pada notepad kalian supaya kalian tidak perlu lagi untuk mengetikan kode HTML tersebut.
Untuk memasukkan backlink ke website lain kamu hanya perlu berkomentar pada website yang ingin kamu kasi link kamu, Simple ikuti aja contoh berikut :
Buatlah Comment semenarik mungkin supaya orang lebih tertarik melihat link yang kamu tanamkan pada blog tsb.
Apa Itu Anchor Text
Achor text berasal dari Bahasa Inggris yang artinya “Teks Jangkar”. Maksud sebenarnya dari istilah ini adalah sebuah kata / frasa / kalimat yang dipakai untuk memasang link atau tautan. Link ini mengarah ke website lain. Dalam beberapa kasus link tersebut bisa juga mengarah ke halaman lain dari website tempat backlink itu sendiri.
Biasanya kita menjumpai teks ini memilki warna berbeda atau menyala. Pada struktur html anchor text dibuat dengan kode a href.
Contohnya: <a href=”https://tempatmagangdipekanbaru.blogspot.com/”>Tempat Magang</a>
Dari contoh tersebut frasa “Tempat Magang” menjadi anchor textnya sedangkan “https://tempatmagangdipekanbaru.blogspot.com/” ialah tautan di dalam teks itu. Disini kita akan menemukan teks tersebut muncul di halaman dengan tampilan yang berbeda. Ketika kita meletakan pointer mouse di atasnya maka dapat kita klik.
- Pentingnya Anchor Text
Alasan kita membuat backlink adalah untuk mendukung peningkatan posisi website yang ditautkan pada anchor text di hasil pencarian Google. Sementara raksasa search engine ini memakai algoritma Penguin maka penggunaan anchor text menjadi sangat penting. Pasalnya algoritma tersebut berfungsi untuk menilai relevansi antara kelompok kata dengan link yang terkandung di dalamnya.
Disini kita ketahui bahwa teks tersebut menentukan bagaimana Google akan memandang website kita. Kekeliruan dalam penggunaannya bisa mendatangkan sanksi dari pihak mereka. Karena itulah kita boleh menyepelekan anchor text. Pastikan kita mengaturnya secara proporsional dan tidak berlebihan agar aman dari penalti. Sebaliknya jangan pula terlalu sedikit sebab akan mengurangi kinerja backlink.
Algoritma Penguin yang memainkan peran untuk menghimpun populasi anchor text oleh Google setidaknya perlu kita pahami cara kerjanya. Pengetahuan tersebut menjadi modal bagi kita untuk mencegah terjadinya kesalahan yang berakhir pada jatuhnya penalti terhadap situs kita.
- Bagaimana Anchor Text Menjadi Penilaian Google
Sejujurnya di kalangan penyedia jasa backlink murah ada banyak sekali asumsi soal bagaimana search engine dengan algoritma Penguin-nya melakukan penilaian terhadap penggunaan anchor text. Namun dari berbagai asumsi tersebut kita bisa menemukan satu benang merah. Di bawah ini adalah alur kerja algoritma Penguin .
Pertama – Pengindeksan Backlink
Setelah kita selesai membuat suatu backlink Google akan mengindeksnya secara otomatis. Pekerjaan ini pada dasarnya dilakukan oleh pihak mereka setiap saat. Bisa saja nantinya semua backlink kita terindeks. Namun pada kondisi tertentu hanya beberapa saja yang terindeks. Google mempunyai patokan tersendiri terkait masalah itu.
Kedua – Backlink Masuk ke Database
Url halaman backlink yang sudah terindeks kemudian masuk ke database tempat dimana data tautan yang ada di internet tersimpan. Perlu anda ketahui bahwa mereka tidak menyimpan data per satuan web. Namun karena Google adalah sebuah mesin pencari mereka pun memasukan data link dari suatu website per kata kunci. Pada akhirnya tautan web yang kita tembak tersimpan sesuai dengan anchor text yang kita pakai.
Ketiga – Analisa Oleh Google
Dua tahap di atas terjadi berulang – ulang sehingga Google pun mempunyai database yang cukup untuk mengenali profil dari website kita khususnya terkait kata kunci apa yang kita optimasi pada setiap halaman. Profil website kita ini kemudian akan disandingkan dengan profil dari backlink yang sudah kita miliki. Disinilah penilaian Google terjadi.
Melalui Algoritma Penguin variasi anchor text yang kita terapkan menjadi poin utama penilaian.
Begini penjelasannya. Misal kami telah membangun ratusan backlink untuk halaman layanan backlink di situs tempatmagangdipekanbaru.blogspot.com ini. Ternyata kami hanya menggunakan anchor text “Jasa Backlink” untuk keseluruhan backlink tersebut tanpa sedikit pun menyelengi dengan anchor text lain. Akibatnya tanpa banyak pertimbangan Google langsung melayangkan hukuman kepada website kami.
Pada dasarnya algoritma Google mempunyai logika yang sangat masuk akal sehingga alasan dari keadaan tersebut sederhana saja. Tidak mungkin ada ratusan pengelola web yang memberikan backlink bagi website kami dengan masing – masing mereka memakai anchor text yang sama. Tampak terang sekali bahwa tindakan itu termasuk spam. Inilah alasan Google memberikan kartu kuning.
Apa Itu Anchor Text
Pengertian Footprint Untuk SEO Dan Kegunaannya – Direkomendasikan wordpress untuk seluruh moneysite yang akan Anda buat, tetapi menghimbau Anda untuk menghindari footprint yang vulgar pada website-website tersebut. Artinya jangan mentang-mentang semuanya menggunakan wordpress, Anda selalu membuatnya dengan cara seragam: themes sama, plugins sama, format posting sama, layot sama dan sama-sama lainnya.
Digital footprint atau jejak digital dalam dunia website adalah satu atau lebih dari satu hal yang dapat menjadi penanda dari pemiliknya. Dengan meninggalkan Footprint, kita memberikan peluang bagi orang lain untuk melakukan pelacakan terhadap sebuah website, termasuk kompetitor yang kita miliki. Ini sangat berbahaya dan bahkan konten yang kita miliki.
Sebagi contoh, jika kita membuat situs A dengan ciri khas yang sama dengan situs B dan C dan D dan E, makan kompetitor yang sedang meilintas disitus A tak hanya dapat mengambil intisari yang tersedia disitus A, melainkan juga keseluruhan B, C, D dan E dengan melakukan penelusuran berdasarkan ciri khas tersebut. Atau apabila kita melakukan registrasi domain tanpa proteksi whois menggunakan nama dan edentitas yang sama, maka hanya perlu beberpa detik saja bagi orang lain untuk melihat seluruh daftar domain yang kita miliki.
Dan apa lagi yang lebih menyebalkan dari keadaan ketika seluruh hal mengenai bisnis yang kita miliki terlihat telanjang bagi orang lain dan pesaing kita?
Lebih lanjut, digital footprint pada website juga menyimpan bo atom bagi Google yang punya semua hal yang dibutuhkan untuk melacaknya. Bayangkan kita membuat sebuah website yang secara tidak sengaja teroptimasi dengan cara yang dianggap terlarang bagi Goolge, atau secara apes terkena malware yang mengancam pengguna aatu dipersangkakan melanggar aturan apa sajayang hanya Tuhan dan Google yang tahu, maka ketika Goolge memberikan pinalti bagi website tersebut, seluruh website lain milik kita yang memiliki footprint serupa patut diduga juga akan turut dibumihanguskan.
Dengan resiko fatal tersebut dan fakta bahwa kita hanya akan mengandalkan wordpress. Pada website yang kita buat berdasarkan alasan-alaan yang sudah disebutkan serta proses scaling yang harus kita tenpuh, maka satu-satunya solusi yang tersedia adalah melakukan disertivikasi pada seluruh aspek yang ada.
- Gunakan registrar domain yang bervariasi , pastikan menambah addons whoisGuard.
- Gubakan hosting dari perusahaan yang berbeda, lokasi server yang berbeda.
- Gunakan themes worpress yang berlainan-lainan antar website.
- Gunakan plugins yang berlain-lain antar website
- Gunakan model dari pola yang berbedadalam melakukan posting antar website.
Contoh Dari Beberapa Backlink yang saya Kerjakan
Cukup Sekian Hal-Hal Yang Saya ketahui tentang Backlink Semoga bermanfaat.
Kalo Ada tulisan saya yang kurang benar maaf saya pun baru belajar Jadi maklum lah ya :v