-->

Apa itu Kewirausahaan?

Pengertian Kewirausaahan Adalah :
Manfaat, Tujuan, Serta Krakteristik


Kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha. Wira berarti : pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Usaha, berarti perbuatan amal, bekerja, berbuat sesuatu. Jadi wirausaha adalah pejuang atau pahlawan yang berbuat sesuatu. Ini baru dari segi etimologi (asal usul kata). 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (kkbi), wirausaha adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk mengadakan produk baru, mengatur permodalan operasinya serta memasarkannya.


Kewirausahaan Secara Umum


Kewirausahaan adalah kemampuan untuk mengembangkan ide dan cara baru dalam menghadapi atau memecahkan permasalahan serta kemampuan untuk mendeteksi dan menemukan sebuah peluang yang kemudian dapat diterapkannya hal-hal tersebut untuk menuju kesuksesannya.

Secara singkat kewirausahaan dapat diartikan sebagai suatu tindakan, sikap ataupun kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan unik dan dapat bermanfaat bagi orang lain atau dirinya sendiri. sikap Kewirausahaan merupakan sikap mental dan jiwa yang kreai, inovatif, dan berdaya guna yang dibuat untuk memperoleh pendapatan dari usaha yang dilakukan.

Istilah lain yang sering muncul adalah wirausaha. Sebenarnya wirausaha dan kewirausahaan hampir sama. Kewirausahaan adalah contoh sikapnya sedangkan wirausaha adalah orang yang berani untuk melakukan suatu usaha sesuai dengan sikap-sikap tadi.

Secara umum, orang yang memiliki jiwa kewirausahaan adalah sebagai berikut:

  • Memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.
  • Berani melangkah (tidak takut menghadapi resiko yang ada).
  • Memiliki tanggung jawab.
  • Pandangan fokus ke depan (memikirkan masa depan).
  • Komitmen.
  • Kreatif dan inovatif.


Tujuan Kewirausahaan


Di dalam pelajaran Kewirausahaan, Kami para siswa diajari dan ditanamkan sikap-sikap perilaku untuk membuka bisnis, agar bisa menjadi seorang wirausaha yang berbakat. Agar lebih jelas, di bawah ini diuraikan tujuan dari Kewirausahaan, sebagai berikut:

  • Meningkatkan jumlah para wirausaha yang berkualitas.
  • Mewujudkan kemampuan dan kemantapan para wirausaha untuk meng 7asilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
  • Membudayakan semangat sikap, perilaku, dan kemampuan kewirausahaan di kalangan pelajar dan masyarakat yang mampu, handal, dan unggul.
  • Menumbuhkembangkan kesadaran dan’orientasi Kewirausahaan yang tangguh dan kuat terhadap para siswa dan masyarakat.

Jadi, secara umum definisi kewirausahaan merupakan  orang-orang yang mampu mengubah sebuah peluang atau kesempatan menjadi sebuah usaha yang menghasilkan atau menguntungkan, yang diolah dengan menggunakan inovasi, kreatifitas dan keunikan dalam membuat suatu produk serta mereka berani mengambil segala resiko yang akan dihadapinya dan tidak menjadikan mereka untuk mudah putus asa jika mereka mengalami kegagalan dalam membangun usaha tersebut.


Manfaat Kewirausahaan


Kewirausahaan memiliki 4 manfaat sosial, yaitu:

  • Memperkuat pertumbuhan ekonomi : menyediakan pekerjaan baru dalam ekonomi. Ekonomi saat ini adalah tanah yang subur bagi wirausahawan misalnya : permintaan pelayanan sektor jasa meledak
  • Meningkatkan produktivitas : kemampuan untuk menghasilkan lebih banyak barang dan jasa dengan TK dan input lain yang lebih sedikit.
  • Menciptakan teknologi, produk dan jasa baru: komputer digital,mesin fotokopi, laser, power steering.
  • Mengubah dan meremajakan persaingan pasar : pasar internasional menyediakan peluang kewirausahaan.

Ciri - ciri kewirausahaan


terdapat empat ciri yang dimiliki oleh seorang wirausahawan, yaitu :

1) Proses berkreasi yakni mengkreasikan sesuatu yang baru dengan menambahkan nilainya. Penambahan nilai ini tidak hanya diakui oleh wirausahawan semata, tetapi juga oleh konsumen yang akan menggunakan hasil kreasi tersebut.

2) Komitmen yang tinggi terhadap penggunaan waktu dan usaha yang diberikan. Semakin besar fokus dan perhatian yang diberikan dalam usaha ini maka akan mendukung proses kreasi yang akan timbul dalam kewirausahaan.

3) Memperkirakan resiko yang mungkin timbul. Dalam kondisi ini resiko yang mungkin terjadi berkisar pada resiko keuangan, fisik dan resiko sosial.

4) Memperoleh reward. Dalam hal ini reward yang terpenting adalah independensi atau kebebasan yang diikuti dengan kepuasan pribadi, sedangkan reward berupa uang biasanya dianggap sebagai suatu bentuk derajat kesuksesan usahanya.



        Sekian artikel dari blog saya mengenai definsi Kewirausahaan menurut umum maupun para ahli. Inilah yang kami lakukan di Betabisnis (tempat magang di pekanbaru ) dalam mengisi beberapa artikel yang menarik. 
Terima Kasih : )

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa itu Kewirausahaan?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel