-->

Manfaat Dan Cara Mendaftarkan Blog ke Google Console

Hai Jon!!! Dalam Blog kali Ini saya akan membahas tentang Google Search Console. Pengertian, Manfaat, Identifikasi Google Search Console, Dan inilah Manfaat Dan Cara Mendaftarkan Blog ke Google Console


Apa Itu Google Search Console

Google Search Console adalah layanan gratis berbasis web yang membantu Anda memantau dan mempertahankan kemunculan situs web di hasil penelusuran organik Google. ada banyak sekali aktifitas yang bisa Anda gunakan pada layanan Google Search Console  sehingga anda bisa memantau aktifitas website Anda pada halaman Google Search Console.

Manfaat Google Console


  • Memastikan bahwa Google dapat menemukan dan meng-crawl situs Anda.
  • Memperbaiki masalah pengindeksan dan meminta pengindeksan ulang untuk konten baru atau yang diperbarui.
  • Melihat data traffic Google Penelusuran untuk situs Anda: seberapa sering situs Anda muncul di Google Penelusuran, kueri penelusuran mana yang memunculkan situs Anda, seberapa sering penelusur mengklik untuk kueri tersebut, dan banyak lagi.
  • Menerima pemberitahuan saat Google menemukan masalah pengindeksan, spam, atau masalah lainnya di situs Anda.
  • Menampilkan situs mana saja yang menaut ke situs Anda.
  • Memecahkan masalah terkait AMP, kegunaan seluler, dan fitur Penelusuran lainnya.

Menemukan Keyword Populer Kata Kunci

Pengunjung menemukan website Anda melalui bermacam-macam kata kunci. Google Search Console membantu Anda untuk menemukan kata kunci yang banyak digunakan orang untuk menemukan website Anda.

Menemukan Keyword Populer

Tool ini akan memberi informasi mengenai total munculnya website Anda di hasil pencarian untuk kata kunci tertentu (impression) dan berapa kali website Anda diklik dari hasil pencarian tersebut (click through rate). Dengan begitu Anda bisa mengetahui mana kata kunci yang paling efektif dan kurang efektif untuk SEO website Anda.

Mengetahui Halaman Populer Page Website

Mengetahui Halaman Populer


Setiap website memiliki halaman yang lebih populer dari halaman lainnya di hasil pencarian. Google Search Console akan membantu Anda untuk mengidentifikasi halaman website mana yang paling banyak mendatangkan pengunjung. Anda bisa mengurutkan halaman website berdasarkan impression atau click through rate (CTR).

Mengetahui Datangnya Pengunjung

Mengetahui Datangnya Pengunjung

Google Search Console juga memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi dari mana datangnya pengunjung website Anda. Fitur ini akan membantu Anda untuk memahami demografi prospek pelanggan sehingga Anda bisa menjangkau target audiens yang tepat.

Mengedentifikasi Pengunjung Menggunakan Perangkat Apa

kita Harus Tahu bahwa pengunjung Website kita masuk ke halaman website kita menggunakan Perangkat apa, Bisa seperti Smartphone, Laptop, Hingga Tablet. Dengan cara lanjutkan klik pada kolom perangkat.

Mengedentifikasi Pengunjung Menggunakan Perangkat Apa

Selain mendapatkan informasi lokasi, Anda juga bisa memperoleh data perangkat apa yang digunakan pengunjung website Anda. Google Search Console akan membantu Anda untuk mengetahui bagaimana pengunjung berinteraksi dengan website Anda, apakah kebanyakan menggunakan perangkat desktop atau perangkat mobile.

Memastikan website bisa diakses dari Mobile Smartphone

Anda bisa saja mengecek apakah website Anda sudah diakses di perangkat mobile dengan membukanya di smartphone Anda sendiri. Sayangnya cara tersebut kurang akurat karena Anda hanya menggunakan penilaian subjektif Anda sendiri. Anda bisa memeriksa kinerja website Anda di perangkat mobile menggunakan bantuan Google Search Console.

Memastikan website bisa diakses dari Mobile

Google Search Console menyediakan fitur Mobile Usability yang membantu Anda untuk mengecek kompatibilitas website di perangkat mobile. Selain itu, Google Search Console juga akan memberikan rekomendasi terkait langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja website di perangkat mobile.

Mengetahui Backlink website Situs Tertaut

Backlink adalah salah satu indikator penting dalam menentukan ranking website di hasil pencarian. Bagi siapa pun yang berkecimpung di ranah SEO, fitur satu ini cukup penting untuk Anda ketahui, yaitu Situs yang tertaut.

Mengetahui Backlink website

Fitur tersebut akan membantu Anda untuk mengidentifikasi website yang menyumbang backlink ke website Anda. Google Search Console juga menyediakan informasi halaman mana yang paling banyak mendapatkan backlink beserta anchor text apa yang paling sering digunakan.

Mengetahui link yang rusak Broken Link

Selain identifikasi backlink, Anda juga dapat memeriksa broken link atau link yang rusak di website Anda melalui Google Search Console. Inspeksi broken link penting dilakukan agar Anda bisa memperbaiki kualitas pengalaman pengunjung di website Anda. Jadi Anda bisa langsung memperbaiki tautan-tautan yang rusak sehingga pengunjung tidak akan diarahkan ke halaman yang salah atau tidak ada.

Mengetahui link yang rusak

Menambahkan Sitemap Peta Situs

Anda bisa menambahkan sitemap melalui Google Search Console. Sitemap berfungsi untuk membantu Google melakukan crawl di website Anda sehingga Google bisa mengidentifikasi website Anda lebih cepat.

Menambahkan Sitemap

Cara Menambahkan Blog ke Google Search Console

Berikut, 7 langkah menambahkan wesbite ke Google Search Console:

  • Login Akun Google.
  • Klik Add Property.
  • Pilih “Website”.
  • Pilih “Website” dari menu drop-down dan masukkan URL website Anda. Pastikan Anda menuliskan URL yang sama persis dengan URL yang muncul di browser.
  • Klik “Continue”.
  • Pilih Cara Verifikasi.
  • Google Search Console menyediakan beberapa cara untuk verifikasi website, dari upload file HTML, penyedia nama domain, HTML tag, atau kode tracking Google Analytics. Pilih salah satu yang Anda inginkan.
  • Tambahkan Domain Secara Terpisah. Jika website Anda sudah mendukung versi http:// dan https://, tambahkan keduanya secara terpisah.
Untuk langkah lebih lengkap mengenai cara verifikasi Google Search Console, Anda bisa mengikuti panduan di artikel Cara Mengindex Blog ke Google Search Console

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Dan Cara Mendaftarkan Blog ke Google Console"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel