-->

Anda Pemula Digital Marketing? Simak 6 Hal Berikut ini

Hello Hello Hello Jon!!! Dalam blog saya kali ini saya akan menjelaskan Panduan Digital Marketing Untuk Pemula. Digital Marketing atau Pemasaran secara digital bisa diartikan sebagai semua upaya pemasaran menggunakan perangkat elektronik/internet dengan beragam taktik marketing dan media digital dimana Anda dapat berkomunikasi dengan calon konsumen yang menghabiskan waktu di online.

Ada beragam akses untuk para calon konsumen agar dapat melihat penawaran Anda, seperti Website, Blog, Media sosial (Instagram, Whatsapp, Line, dsb). Dari beberapa akses itulah mereka akan berkomunikasi kepada Anda. Dan berikut adalah Panduan Digital Marketing Untuk Pemula

Cekidoot!!!

 Anda Pemula Digital Marketing Simak 6 Hal ini

Saatnya anda sekarang beralih menggunakan Digital Marketing

Mungkin Anda semakin hari semakin sering mendengar istilah Pemasaran Digital atau Digital Marketing, baik melalui percakapan sehari – hari di masyarakat atau melalui media massa. Apa perbedaannya dengan pemasaran konvensional ? Apa pentingnya dan kegunaan Digital Marketing untuk bisnis anda ? Apakah bisnis Anda sudah saatnya harus melakukan Digital Marketing ? Apa hubungannya Pemasaran Digital dengan Internet ? Mungkin Anda selama ini sering menerima SMS iklan, apakah itu juga termasuk Digital Marketing ?

Seiring dengan meluasnya pemakaian internet dalam berbagai aspek kehidupan masa kini, Digital Marketing menjadi semakin populer dan penting. Secara umum, Digital Marketing adalah segala bentuk aktivitas pemasaran produk atau jasa menggunakan teknologi digital, terutama Internet, dan termasuk telepon seluler.

Digital Marketing, yang telah berkembang sejak tahun 1990-an, telah merubah strategi perusahaan dan brands menggunakan teknologi untuk pemasaran. Seiring dengan semakin banyaknya perusahaan yang memasukkan pemasaran digital sebagai salah satu strategi pemasarannya, dan semakin banyaknya orang yang berbelanja secara online, kampanye pemasaran digital menjadi suatu keharusan dan semakin efisien.

Pasar butuh edukasi, sering2 ngomongin kegiatanmu disosmed


Fakta yang banyak  muncul ketika kita tidak suka dengan status yang terkesan pamer kita  langsung berusaha Membalas dengan membuat status tandingan yang berusaha  menyampaikan nasehat - nasehat terkait buruknya update status pamer,  disini sebenarnya kita juga berusaha menunjukkan bahkan berusaha butuh  pengakuan bahwa kita adalah penikmat sosila media yang tidak suka pamer,  umbar kemesraan, dan lain sebagainya.

Ada juga dari sebagian kita yang  gemar update status atau menshare postingan - postingan yang bersifat  nasehat - nasehat dan motivasi hingga terkadang ada kesan kita menyindir  para penghuni dunia maya lainnya yang suka pamer tersebut, dengan  nasehat - nasehat dan motivasi yang menyejukkan, agamis dan lain  sebagainya, itu semua sebenarnya juga tidak jauh dari usaha kita untuk  membuktikan bahwa kita adalah salah satu dari pengguna sosial media yang  selalu berfikiran positif, selalu menginspirasi dan sebagainya.

Dunia  maya adalah salah satu sudut dunia era kekinian yang tidak bisa kita  abaikan keberadaanya, dunia yang justru saat ini paling dekat dengan  kita, terkadang dalam 24 jam kita lebih disibukkan dengan dunia maya  ketimbang dunia nyata, kita tidak perlu pusing dengan segala fenomena  yang ada, yang terbaik adalah bagaimana kita memandang semua ini dari  berbagai sudut pandang agar setiap analisa kita bisa memberi informasi  yang baik buat kita. Rasa kesadaran akan kebutuhan kita untuk diakui  sebagaimana penghuni dunia lainnya seharusnya mampu membuat kita lebih  bijak menyikapi semua ini.

Ketahui siapa konsumen mu


Pelanggan yang loyal adalah sebuah aset penting perusahaan. Mereka telah berulangkali membeli produk Anda dan ikut menyumbang pemasukan secara rutin. Jika tidak ingin kehilangan sebuah pembelian, di tengah persaingan banyaknya produk serupa, maka tidak ada salahnya Anda memberi penghargaan kepada para pelanggan yang loyal terhadap perusahaan dengan cara menaggapi masukan pelanggan maupun memberi hadiah secara langsung atas pembelian yang mereka lakukan.

Pakai saluran apa saja ?


Yang di maksudkan saluran adalah media, Media apa saja yang di pakai selama ini baik itu Sosial Media ataupun Web 2.0. Tentukan apa saluran anda dan Di bawah ini saya akan merekomendasikan Channel/Saluran Digital Marketing yang perlu anda ketahui dan diterapkan untuk bisnis anda.

1. SEO ( Search Engine Optimization)

SEO adalah cara optimasi website untuk mendapatkan peringkat terbaik di hasil pencarian oleh Search Engine dan dapat meningkatkan reputasi bisnis sehingga mendorong penjualan. Peringkat terbaik yang dimaksud adalah jika website berada di halaman pertama Search Engine sehingga berpeluang lebih besar untuk diklik oleh orang yang sedang mencarinya. SEO merupakan cara investasi terbaik bagi pemilik bisnis karena umumnya tidak membutuhkan biaya besar dan jika berhasil bisa menjadi investasi jangka panjang.

2. Email Marketing

Email Marketing adalah cara promosi digital dengan cara mengirimkan email kepada banyak orang sehingga bisa menghemat biaya. Email marketing bisa digunakan untuk mengirimkan informasi tentang produk terbaru, menawarkan promosi atau diskon. Ini akan memberikan kesempatan untuk pelanggan supaya dapat berkunjung kembali ke website anda.

3. Social Media Marketing

Ini adalah salah salu cara pemasaran digital yang sangat efektif untuk membantu anda menciptakan hubungan yang baik antara bisnis dengan pelanggan. Melalui sosoal media maka anda bisa mempromosikan merek dan konten untuk meningkatkan kesadaran merek, mendapatkan traffic website dan menghasilkan leads.

4. Pay Per Click (PPC)

PPC adalah model periklanan di internet untuk mengarahkan traffic ke website anda dengan membayar kepada penayang setiap kali iklan anda di klik. Salah satu PPC yang paling populer adalah Google Adwords.

5. Mobile Marketing

Mobile Marketing adalah metode pemasaran kepada konsumen yang ditargetkan melalui perangkat mobile. Mobile Marketing tidak hanya memungkinkan orang untuk terhubung ke internet melalui ponsel mereka, namun juga memperkuat berbagai media komunikasi dalam saluran yang mudah dan efisien. . Media komunikasi yang digunakan berupa teks sederhana, mendorong konsumen untuk mengunjungi situs mobile atau memotivasi mereka untuk berpartisipasi dalam kampanye berbasis audiens.

6. Video Konten Marketing

Video konten marketing adalah cara pemasaran dengan menggunakan video sebagai kontennya. Tahukah Anda bahwa 80% orang dari Amerika Serikat yang menggunakan internet ternyata menonton minimal satu video internet per bulan? Itu berarti 2 miliar penayangan video setiap hari.

Lihat keunggulanmu, cek kompetitor mu, agar bisa kamu tawarkan sesuatu yang berbeda


Digital marketing dapat digunakan untuk bisnis apa pun di industri apa pun. Terlepas dari apa yang dijual perusahaan Anda, digital marketing masih memerlukan persona customer (gambaran akan target penawaran customer Anda) untuk mengidentifikasi kebutuhan calon customer Anda, dan menciptakan konten online yang menarik dan membantu mereka.

Namun, setiap bisnis memiliki cara penerapan strategi pemasaran digital dengan cara yang berbeda-beda. Karena dengan semua hal itu kamu bisa memberikan penawaran yang berbeda dari sebelumnya.

Berikan variasi strategi, misal content interaktif dengan melibatkan konsumen.


keterlibatan konsumen adalah alasan konsumen merasa termotivasi untuk mencari informasi tentang suatu produk dan merek tertentu. Pelanggan yang merasa terlibat biasanya akan lebih banyak membeli, mempromosikan, dan menunjukkan kesetiaan mereka pada satu produk atau merek.

Bisnis yang berfokus pada keterlibatan pelanggan lebih memfokuskan diri pada penciptaan nilai, bukan ekstraksi pendapatan. Ada hal yang lebih berarti dibandingkan dengan promosi penjualan yaitu pengalaman pelanggan yang memuaskan, konten atau produk yang sangat baik, dan dukungan pelayanan pelanggan yang interaktif.

Banyak brand yang hanya peduli bagaimana cara agar pelanggan membeli jasa atau produk mereka. Keterlibatan pelanggan mungkin menempati posisi paling akhir dalam daftar strategi pemasaran mereka. Padahal, pengalaman pelanggan tidak hanya sekadar penjualan dan pembelian tetapi juga bagaimana mereka merasa didengarkan, diberikan jawaban yang memuaskan, dibantu dalam mengatasi masalah yang terjadi, dan merasakan koneksi pada brand.

Ada baiknya Anda kini mulai memasukkan strategi meningkatkan keterlibatan pelanggan dalam daftar strategi pemasaran Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to " Anda Pemula Digital Marketing? Simak 6 Hal Berikut ini"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel