-->

Aturan & Format Dalam Membuat Laporan Magang/PKL

Aturan & Format Dalam Membuat Laporan Magang/PKL

Dalam membuat sebuah laporan pengesahaan kalau kita pernah magang di salah satu perusahaan mestilah ada beberapa aturan dalam menuliskan sebuah laporan. 

Karena dalam menulis sebuah laporan ada beberapa undang-undang tata cara membuat laporan yang sudah di akui standar nasional, Dan Berikut Aturan & Format Dalam Membuat Laporan Magang/PKL

1. Kertas menggunakan ukuran A-4 (kwarto), minimal 70 gram dengan ukuran tata tulis (margins) sebagai berikut :

  • Tepi atas (top) : 4 cm
  • Tepi kiri (left) : 4 cm
  • Tepi bawah (bottom) : 3 cm
  • Tepi kanan (right) : 3 cm


2. Jenis huruf (font) dalam penulisan laporan prakerin adalah huruf standar (Times New Roman ukuran 12) dengan jarak ketikan adalah 1.5 spasi.

3. Format judul dalam BAB ditulis di tengah dengan huruf besar (kapital) dan cetak tebal (bold).

4. Judul Sub Bab ditulis dimulai dari kiri dengan huruf kecil yang diawali dengan huruf besar (kapital) dan cetak tebal (bold).

5. Jarak antara Judul BAB dan Sub Bab adalah 2 x 1.5 spasi.

6. Jarak antara akhir alinea (paragraf) Sub Bab dengan Judul Sub Bab berikutnya adalah 1 x 1.5 spasi.

7. Nomor halaman sebelum BAB I (Halaman Judul, Pengesahan, Kata Pengantar, Daftar Isi, dll…) ditulis dengan menggunakan angka romawi kecil (i, ii, iii, iv, dst…), posisinya terletak di bawah bagian tengah kertas. Khusus untuk Halaman Judul dan Halaman Pengesahan, nomor halaman tidak perlu diketik, tetapi tetap dihitung.

8. Nomor halaman untuk BAB ditulis dengan menggunakan angka latin (1, 2, 3, dst…), halaman pertama dari BAB I adalah halaman nomor satu.

9. Peletakan nomor halaman untuk setiap awal BAB diletakkan di bawah bagian tengah kertas, sedangkan halaman selanjutnya diletakkan di pojok atas bagian kanan kertas.

10. Judul gambar / grafik diketik di bagian bawah tengah dari gambar, sedangkan judul tabel diketik di bagian atas kiri dari tabel. Penomoran tergantung pada BAB yang bersangkutan, contoh : gambar 3.1 berarti gambar pertama yang ada di BAB III.

11. Tebal laporan minimal 15 halaman (BAB I – BAB III), belum termasuk lampiran.

12. Sampul (cover) laporan untuk jurusan Otomotif adalah Hard Cover berwarna biru.

13. Penyusunan laporan prakerin boleh dilakukan bersama (perusahaan/industri yang sama), tetapi pada BAB II untuk Proses Pekerjaan/Kegiatan tidak boleh sama antara satu laporan dengan laporan yang lain.

Ingat Aturan sebelum menulis laporan......

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Aturan & Format Dalam Membuat Laporan Magang/PKL"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel