-->

Optimasi SEO Onpage URL, Halaman, Dan Gambar Pada Wordpress

Optimasi Onpage Pada Wordpress

Meningkatkan WordPress SEO Anda sangat penting untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda. Sayangnya sebagian besar panduan SEO WordPress terlalu teknis bagi pengguna baru untuk memulai. Jika Anda serius meningkatkan traffic situs web Anda, maka Anda perlu memperhatikan praktik terbaik SEO WordPress.

Dalam blog saya kali ini, Saya akan membagikan kiat-kiat SEO WordPress teratas untuk membantu Anda meningkatkan SEO WordPress Anda dan mendapatkan lebih banyak lalu lintas organik.

SEO WordPress untuk Pemula

Anda mungkin pernah mendengar para ahli mengatakan bahwa WordPress adalah SEO friendly. Inilah sebabnya mengapa banyak orang memilih WordPress untuk memulai blog atau situs web.

Sementara WordPress memastikan bahwa kode yang dihasilkannya mengikuti praktik terbaik SEO, ada banyak lagi yang perlu Anda lakukan jika Anda ingin memaksimalkan upaya SEO Anda.

Apa itu SEO

SEO adalah singkatan singkatan dari Search Engine Optimization. Ini adalah strategi yang digunakan oleh pemilik situs web untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas dengan peringkat lebih tinggi di mesin pencari.

Optimalisasi mesin pencari bukan tentang menipu Google atau mempermainkan sistem. Ini hanya tentang membuat situs web yang memiliki kode dan pemformatan yang dioptimalkan yang memudahkan mesin pencari untuk menemukan situs web Anda.

Ketika orang mencari web untuk topik yang Anda tulis, konten mesin pencari Anda yang dioptimalkan akan muncul lebih tinggi di hasil pencarian, dan Anda akan mendapatkan lebih banyak orang mengklik ke situs web Anda.

Mengapa SEO itu penting?

Mesin pencari sering menjadi sumber lalu lintas terbesar untuk sebagian besar situs web.

Google dan mesin pencari lainnya menggunakan algoritma canggih untuk memahami dan memberi peringkat halaman secara tepat dalam hasil pencarian. Tetapi algoritma itu tidak sempurna - mereka masih membutuhkan bantuan Anda untuk memahami tentang apa konten Anda.

Jika konten Anda tidak dioptimalkan, maka mesin pencari tidak akan tahu bagaimana memberi peringkat. Saat orang mencari topik yang Anda tulis, situs web Anda tidak akan muncul di hasil pencarian, dan Anda akan kehilangan semua lalu lintas itu.

Sangat penting bagi semua pemilik bisnis untuk membuat mesin pencari situs web mereka ramah, sehingga mereka dapat memaksimalkan lalu lintas pencarian mereka.

Dasar-dasar SEO WordPress

SEO bisa bersifat teknis, tetapi tidak harus demikian. Hanya belajar beberapa tips SEO dasar untuk mengoptimalkan situs Anda dapat memberi Anda dorongan nyata dalam lalu lintas situs web Anda.

Anda tidak harus menjadi jenius teknologi untuk menggunakan teknik di bawah ini. Jika Anda sudah menggunakan WordPress, maka Anda sudah mendapatkannya!

SEO on page biasa disebut juga sebagai on-page SEO. Pengertian dari istilah ini adalah serangkaian proses optimalisasi, optimalisasi dilakukan oleh Website Owner atau Web Master. Proses optimalisasi konten website diharapkan bisa berpengaruh terhadap pengguna. Tidak hanya pengguna namun juga dalam mesin pencari. Setelah menggunakan rangkaian proses optimalisasi diharapkan kamu bisa menduduki pencarian halaman pertama.

Bagaimana Cara Optimasi Pada Wordpress Onpage SEO

Ada beberapa optimasi Wordpress yang harus kita utamakan, Karena dengan demikian Situs Wordpress anda bisa mudah di akses oleh pengguna bahkan iu menjadi dorongan khusus untuk menunu halaman satu Google.

Ada beberapa poin yang paling di unggulkan :

1. URL di Isi Dengan Kata Kunci Potensial

Kata Kunci yang potensial Adalah kata kunci yang mengandung unsur tempat, harga, dan terdiri dari 3 kalimat. Untuk mendapatkan kata kunci yang potensial anda bisa menggunakan media Google, Google Trends, atau Ubersages.

Kata Kunci yang anda dapat tadi lalu ubah menjadi URL pada situs Wordpress anda.

2. Mengisi Site Title Dengan Kata Kunci

Site title adalah judul situs atau yang biasa digunakan sebagai pengganti logo. Site title berbentuk text sama halnya dengan tagline. Tagline sendiri adalah beberapa kata yang menjelaskan mengenai website kamu. Site title dan tagline ini bisa diubah kapan saja. 

Kesimpulanya Gunakan kata kunci potensial kamu untuk Judul situs Wordpress Anda.

3. Isi Meta Deskripsi 5 - 10 Kata Kunci

Meta Deskripsi / Meta Description adalah atribut HTML yang memberikan penjelasan singkat mengenai isi dari sebuah halaman web. Meta deskripsi biasa digunakan di hasil pencarian mesin pencari (HPMP) untuk menampilkan gambaran singkat dari halaman tersebut.

Mengisi Meta Tag sangat di perlukan pada situs wordpress anda karena ini akan menjadi proses dimana website anda mudah di cari oleh google dan terdeteksi bagus pada robot text Google.

Isi meta Tag anda sesuai kata kunci untuk wordpress anda, masukan kata kunci yang memang anda butuhkan di dalam situs Wordpress Anda.


Kuning Site Title di Ambil dari kata kunci
Merah URL dari kata kunci
Biru Meta Deskripsi terdiri dari 5 - 10 Kata Kunci

4. Judul Postingan Menggunakan Kata Kunci, Bombastis, dan Mengandung Angka

Dalam SEO kata Bombastis cukup berguna untuk menarik perhatian pembaca masuk ke situs anda. Kata bombastis adalah serangkaian kalimat yang banyak berjanji, tetapi tidak akan berbuat banyak banyak menggunakan kata dan ucapan yang indah-indah. Sumber : KKBI

Angka dalam judul website anda sangat berpangaruh pada SEO, Karena jika judul mengandung angka Maka potensi SEO bisa menjadi 45% di banding judul tanpa angka. Angka yang di maksud bisa berupa Contoh berikut :

Ada Beberapa Poin yang perlu di perhatikan jika ingin membuat Postingan

*URL postingan di ganti dengan Kata Kunci
Menganti URL postingan dengan kata kunci contoh :

https://tempatmagangdipekanbaru.blogspot.com/2019/11/google-search-console.html

*Isi Postingan
Untuk Artikel dan Postingan yang di anjurkan dalam SEO adalah 300 karakter paling sedikit hingga 1000 karakter yang paling banyak.

6. Memilih Tema Yang Mobile Friendly

Mobile Freindly Adalah dimana website kamu punya kelebihan khusus untuk bisa mudah di akses oleh smartphone karena banyak tema Wordpress yang tidak Mobile friendly.

Kesimpulanya Gunakan tema wordpress yang mengandung Kelebihan Mobile Friendly.

7. Optimasi Halaman/Menu/Widget 

*Halaman bisa digunakan untuk membuat Layanan, Contact, Testimoni, dan About

*Menu adalah sebuah Widget atau HTML tapi biasanya jika kamu telah membuat halaman pada Wordpress maka akan Otomatis Menjadi menu.

*Widget di gunakan untuk menambah hal baru di Wordpres. maksudnya bisa menambahkan widget Gambar, HTML, Fanpage Facebook, Ikon Sosial Media dan Sebagainya.

NB : Menggunakan Gambar yang di bawah 200kb karena jika gambar beresolusi Besar itu akan memperlambat loading situs kamu.

8. Google Search Console

Memasukan Situs Wordpress ke GSC adalah sebuah strategi SEO karena di Console kita bisa melihat aktifitas situs kita sedang berkerja mulai dari Click, View, hingga kata kunci apa yang di ketikan orang untuk menjumpai situs anda.

Menggunakan Plugin SEO WordPress. Meskipun sebagian besar plugin SEO dapat membantu Anda menyelesaikan langkah verifikasi situs Google, saya secara khusus akan membahas cara melakukannya menggunakan plugin SEO Yoast dan All in One SEO Pack karena kedua plugin SEO ini merupakan plugin SEO paling populer yang digunakan oleh pengguna WordPress diseluruh dunia.

-
Demikian penjelasan saya tentang Optimasi SEO Onpage pada Wordpress

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Optimasi SEO Onpage URL, Halaman, Dan Gambar Pada Wordpress"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel